Lagi! 53 Kartu Tani Desa Mergasana Tahun 2022 Telah Diterbitkan

Di era pemerintahan Jokowi, kedaulatan dan ketahanan pangan menjadi salah satu fokus pemerintah. Para menteri yang mendukung di bidang pangan dan  bersinggungan langsung  harus mampu menerjemahkan dalam kebijakan pro rakyat. Apa yang dibutuhkan masyarakat, itulah yang menjadi program pemerintah. Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Pertanian membuat terobosan mekanisasi pertanian yang merupakan hasil karya dari bangsa sendiri. Kali ini pemerintah melalui Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan Pemerintah Daerah melaunching Kartu Tani untuk wilayah Jawa Tengah di Kabupaten Purbalingga. Sebenarnya, apa kegunaan Kartu Tani ini.

Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet). Keunggulan dari Kartu Tani ini antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan, multifungsi.  Ketersediaan data yang lengkap dan akurat dalam Kartu Tani digunakan untuk yang pertama sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi Kementerian Pertanian. Kedua, tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan. Ketiga, data kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer bagi Pupuk Indonesia. Keempat, bagi Bulog dapat memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan, sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani. Sedangkan keunggulan  kelima,  bagi dinas pertanian dapat mengetahui produktifitas lahan suatu daerah. Kartu Tani  diharapkan menjadi era baru untuk mensejahterakan petani Indonesia.

Pada kesempatan kali ini , Desa Mergasana Melalu KPL Pertanian Kecamatan Kertanegara terus membaharui jumlah Petani yang memiliki kartu tani, pada tahun 2022 ini terdapat 53 Kartu Tani yang diterbikan dari total 79an pengajuan ulang/penambahan. dengan adanya kartu tani diaharapkan masyarkat dapat dengan mendapatkan akses pupuk dengan mudah dan subsidi dari pemerintah tepat sasaran.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.